Buku Tamu

Senin, 16 Mei 2011

SEHAT itu MAHAL

Akhirnya aku setuju dengan mereka yang mengataan bahwa SEHAT itu MAHAL nilainya. 

Mahal nilainya dalam hal WAKTU, Karena ketika sedang sakit, nggak bisa kemana-mana dan nggak bisa melakukan banyak aktifitas produktif or manfaat. 

Mahal nilainya dalam hal MATERI, karena ketika sakit, untuk kembali dapatkan sehat biayanya mahal sekali. Obat, makanan, suplemen, check up, dll, apalagi kalau rawat di Rumah Sakit atau operasi, hmm…. MAHALLL.

Mahal nilainya dalam hal KEBAHAGIAAN, karena ketika  sedang sakit, tersiksa sekali rasanya. Menahan rasa sakitnya yang luar biasa, menahan pantangaan makan ini itu, menahan untuk nggak banyak bergerak, menahan a,b,c… sangat nggak nyaman rasanya. 

Begitulah mahalnya nilai sehat yang hilang dan baru terasa ketika sehat itu telah dicabut. Dari sakit yang baru saja aku lalui, Aku merasa Allah sedang ingin berikanku banyak pelajaran tentang itu. Setidaknya untuk mengingatkanku agar selalu mensyukuri luar biasanya nikmat sehat yang selama ini Dia berikan. 

Ini juga mengingatkanku tentang Sabda Tauladan Sejati, Rasulullah SAW: 
“ Peliharalah yang lima sebelum datang yang lima “ Yaitu:
1. Peliharalah masa mudamu sebelum datang masa tuamu
2. Peliharalah masa sehatmu sebelum datang masa sakitmu.
3. Peliharalah masa kayamu sebelum datang masa ,miskinmu.
4. Peliharalah masa senggangmu sebelum datang masa sempitmu.
5. Peliharalah masa hidupmu sebelum datang masa kematianmu.
(HR. Muslim).

Masih banyak hal yang harus selalu disyukuri dalam hidup ini, tentunya tepat seperti yang disebutkan pada point ke lima hadits di atas: sebelum masa kematian itu datang. Allahu a’lam.

Tidak ada komentar: